HAMPIR 9 TAHUN "MASIH" DI SEMI PALAR
anaagustina08
Tuesday September 21 2021, 8:44 PM
HAMPIR 9 TAHUN "MASIH" DI SEMI PALAR

Kalau ditanya, "Ana, MASIH di Semi Palar?" Saya menjawab : "Iya, MASIH!" 

Jika kita telusuri kata MASIH ini menurut KBBI memiliki arti sedang dalam keadaan belum selesai atau sedang berlangsung (https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/masih). Saya merasa, saat ini saya MASIH mencari pemaknaan tentang keberadaan saya di Semi Palar. Tentunya hal ini berkaitan dengan proses saya yang MASIH belajar untuk menjadi seorang pendidik, dan seorang ibu. 

Bagi saya, sepuluh tahun bukanlah waktu yang sebentar. Bahkan setiap kali muncul pertanyaan.

Apa yang sudah saya lakukan selama sepuluh tahun ini? Hanya mengajar saja kah? 

Mengapa harus Semi Palar? Bukankah masih banyak sekolah lain?

Jika diingat-ingat tentang awal mula tujuan saya masuk ke Semi Palar adalah karena saya ingin mengajar tanpa pakai seragam. Hahaha. Itu jawaban jujur saya. Selain itu, saya tertarik dengan cara mengajar di Semi Palar. Kakak diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi ide sesuai imajinasi masing-masing. Hal lain yang membuat saya tertarik mengajar di Semi Palar adalah saya harus banyak membaca. Membaca di sini bukan hanya membaca buku, namun membaca karakter anak, Kakak, orang tua, dan tentu saja membaca situasi sekitar - warga - alam, dan membaca pikiran kita sendiri. 

Banyak hal yang saya pelajari di Semi Palar. Sudah satu dasawarsa saya masih di sini. Sudah panjang perjalanan belajar saya di sini. Namun, bukan berarti perjalanan belajar saya sudah mumpuni. Saya MASIH akan belajar di sini, entah sampai hari ini, atau esok hari. 

yulitjahyadi
@yulitjahyadi   2 months ago
Pertama di Smipa waktu Milo kelas 1 itu ya kak?
anaagustina08
@anaagustina08   2 months ago
betul sekali bu, hehe. itu tahun pertama saya sebagai kakak bukan calon kakak. magang pegang kelasnya Ara (kakaknya Sarah) hehe.