AES #50 Pizza!
Jose
Tuesday October 5 2021, 8:18 PM
AES #50 Pizza!

Oke, kali ini aku lagi ingin makan pizza. Pizza kesukaanku adalah full cheese, tapi ada tambahan jamur atau pepperoni juga enak. Aku dan keluargaku sering membuat pizza sendiri dirumah kalau ada acara atau kebetulan memang lagi ingin. 

Jadi kali ini aku ingin memberitahu cara membuat pizza sendiri dirumah. Jadi ada beberapa bagian, roti, bumbu dan membuat pizza itu sendiri. Yang pertama-tama pastinya membuat roti pizzanya. Kalau aku sendiri biasanya membeli roti ini, tetapi kali ini aku ingin memberitahu cara membuat roti pizzanya, aku sendiri pernah membuatnya. 

Bahan: 

500 g tepung 

7 g ragi instan 

25 g gula pasir 

7 g garam 

15 g susu bubuk 

220 g air es 

1 butir telur 

30 g minyak zaitun

Jadi pertama-tama, campurkan tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan susu bubuk hingga tercampur merata. Setelah itu, masukkan minyak zaitun dan garam,  aduk sambil tuang air es sedikit demi sedikit. Masukkan telur lalu aduk hingga adonan terasa kalis.

Setelah itu, istirahatkan adonan selama 15 menit. Potong dan timbang adonan menjadi seberat 50 gram. Kemudian bentuk adonan menjadi bola dan istirahatkan lagi selama 15 menit. Setelah diistirahatkan, giling tipis adonan setebal 5mm. Tempatkan adonan yang sudah digiling di baking tray, jangan ditumpuk antar adonan, nanti menempel satu sama lain. Terakhir, istirahatkan selama 20 menit.

Kalau sudah, waktunya untuk membumbui roti pizza, dilanjut di esok hari!