AES #17 Wedang Secang
Jose
Thursday August 19 2021, 9:37 PM
AES #17 Wedang Secang

Dulu saat kelas 9, ada tugas sekolah. Aku membuat ramuan, wedang secang. Jadi wedang secang itu sebuah ramuan/jamu yang berwarna merah karena secang tersebut.

Diawali dengan mencuci kayu secang, cengkeh, pala, daun jeruk, sereh, daun pandan, kayu manis dan juga jahe. Setelah semua bahan dicuci, didihkan air 2,5 liter air sampai mendidih. Selama menunggu air mendidih, potong jahe kotak-kotak dan geprek agar rasanya keluar dengan mantap, geprek serehnya juga. Masukan semua bahan kedalam air mendidih tersebut dan biarkan selama 10 menit, aduk. Setelah 10 menit, matikan api lalu biarkan kurang lebih 5 menit atau sampai uap berkurang. 

Saring ramuan tersebut untuk mendapatkan wedang secang yang bebas dari ampas. Hidangkan dalam gelas atau cangkir, tambahkan gula menurut selera. Kalau ingin dingin, tinggal tambahkan es. Dan juga, wedang secang ini dapat disimpan di kulkas untuk beberapa lama.

Saat kecil, aku tidak suka wedang secang karena rasanya sedikit pedas dan orangtua selalu menyajikannya secara panas. Tetapi terakhir aku buat, aku menyajikannya secara dingin dan jauh lebih enak. Selain itu, gulanya bisa diatur sendiri juga. Jadi silahkan kalau ingin membuat wedang secang ini.

Ini adalah bahan untuk wedang secang 2 liter:

- Kayu secang 2 genggam besar

- cengkeh 4 biji

- Pala setengah buah

- daun jeruk 4

- sereh 2 batang

- daun pandan 4 lembar

- kayu manis 2 batang kecil

- jahe 100 gr dipotong potong kecil

- gula batu menurut selera

- air 2.5 liter

Video aku membuat wedang secang:

https://youtu.be/aNpwTZwTpio 

You May Also Like