AES077 Pindah Menulis di Ruang Baru
Andy Sutioso
Friday July 30 2021, 10:39 PM
AES077 Pindah Menulis di Ruang Baru

Sejak sore tadi asik beberes rumah baru - Ririungan versi baru di jamroom ini. Dibantu kak Sapta dan Ahkam, kita memasang dan mengaktivasi modul juga menata ruang yang akan jadi ruang aktivitas bersama di waktu-waktu ke depan. 

Saya juga barusan memindahkan esai saya yang pertama ke ruang yang baru ini. Tidak lama setelah selesai, kak Gina mempostingkan esainya hari ini di jamroom. Menyenangkan rasanya saat mulai ada warga Smipa yang beraktivitas di sini. Di dunia nyata kalau ada yang menghuni rumah baru ada yang istilahnya House Warming. Kalo orang Sunda bilang ambeh haneuteun. Supaya rumahnya hangat. Perlu mulai banyak aktivitas, banyak enerji yang mengisinya. 

Jadi hari ini saya menulis satu esai baru setelah memindahkan satu esai lama dari ning.com. Berikut ini beberapa tips buat teman-teman yang punya konten di ning.com yang perlu dipindahkan, karena memang seperti pindah rumah, barang-barang perlu dipindahkan satu demi satu ke tempat yang baru.  

  • Memindahkan konten dari Ning ke Jamroom tidak sulit, hanya mengcopas seluruh badan teks ke ruang penulisan blog yang baru di Jamroom - yang letaknya ada di salah satu tab di laman profile kalian masing-masing. 
  • Kemudian copas juga judul Blog ke kolom judul di jamroom. 
  • Kalau yang dipindahkan adalah konten Atomic Essay, pastikan kategori blog adalah AtomicEssaySmipa. Karena mungkin saja kita masih punya konten lain yang dituliskan di luar konteks AES.
  • Kalau ada video Youtube yang jadi bagian dari esai, video tersebut perlu diposting terlebih dahulu di tab Youtube kalian. Kemudian di badan narasi, embed video youtube tersebut menggunakan tombol di toolbar. 
    ScreenShot_20210730225409.jpegVideo akan muncul sebagai bagian dari teks yang kalian tuliskan. 
  • Tagar (hashtag) ditambahkan belakangan setelah blog kalian selesai diposting. Mohon perhatian untuk tidak sembarangan menambahkan tag karena tag ini terkait dengan TagCloud yang mengompilasi konten2 dengan tema serupa. Tag Cloud yang dimaksud ada di sebelah kanan di bawah info tentang Warung Smipa. 
  • Jangan lupa menambahkan Blog List Image (supaya gambar ini menjadi ilustrasi dari judul blog yang muncul di berbagai laman Ririungan ini - atau saat kalian menshare tulisan kalian melalui WhatsApp atau di media sosial lainnya. Tips : banyak sekali foto2 bagus (unlicensed / free for use) yang bisa ditemukan di unsplash.com. Jangan lupa melike gambar yang dipilih dan mempaste info sumber foto di dalam posting teman-teman sebagai bentuk apresiasi. 
  • Oh iya satu lagi, jangan terlewat mengupdate judul posting kalian di Google Sheets yang sudah disiapkan supaya jumlah esai terus terhitung dan counter terus diupdate. Tautannya juga ada di laman Blog Warga di bawah counter.  

Demikian tips yang saya bisa tuliskan, sekalian jadi esai saya malam ini. Semoga bermanfaat. Selamat bersenang-senang di Ririungan baru ini. Salam Smipa.