AES10 Manik-Manik?
Kirana Kasih
Friday August 6 2021, 5:20 PM
AES10 Manik-Manik?

Tadi siang aku menemukan sesuatu yang menarik di teras depan rumah. Saat itu, mataharinya cukup terang namun tidak terlalu panas. Ketika sedang melihat sekeliling, aku menemukan bola-bola kecil di dalam satu wadah. Bentuknya benar-benar bulat dan tampak bentuk hati kecil berwarna putih di permukaannya. Awalnya aku kira itu adalah manik-manik karena bentuknya yang hampir sama semua. Ta[i aneh juga, kenapa manik-maniknya ada di teras rumah? Ternyataaa, itu adalah biji dari salah satu tanaman yang ada di rumahku. 

Tanaman ini bernama paria gunung atau balloon vine. Walaupun namanya paria, bentuk buah dari tanaman ini sama sekali tidak seperti paria yang biasanya kita makan. Buahnya bergelembung dan memiliki 3 sisi. Ukuran buahnya sedikit lebih besar dari kelereng, sedangkan bijinya berukuran seperti kacang kedelai yang masih kering. Tanaman ini tumbuh tanpa disengaja, karena kami tidak pernah sekalipun menanam tanaman ini. Jadi sepertinya biji dari tanaman itu terbawa dan dijatuhkan oleh burung. Ini juga pertama kalinya kami melihat tanaman itu. 

Sejak lama, aku penasaran dengan buah dari tanaman ini. Karena jumlahnya yang cukup banyak dan bentuknya yang unik. Tadi siang aku juga mencari salah satu buahnya yang sudah kering untuk melihat apakah benar biji tersebut berasal dari tanaman ini. Ternyata memang iya, di dalam satu buah terdapat 3 biji yang sama dengan yang aku lihat. Bentuk hati yang aku lihat di biji itu ternyata adalah bagian biji yang menempel pada dinding buahnya. Dan selama ini aku kira buah dari paria gunung ini padat atau berdaging gitu, tapi ternyata bagian dalamnya beruang atau kopong. 

Mungkin ini adalah salah satu benda menarik yang aku temukan dari alam. Terkadang, kita perlu melihat lebih dekat untuk menemukan sesuatu yang unik. 

Andy Sutioso
@kak-andy   3 years ago
waah, temuan keren ini Kiran... Betul ya, kita hanya perlu mengamati lebih baik untuk menemukan hal-hal menarik di sekitar kita..
You May Also Like