Blog » Categories » Jurnal » Salam!
Salam!
Lei
Tuesday August 10 2021, 8:28 AM

Semangat sekaligus bingung menyambut ajakan menulis atomic essay ini. Tapi karena menulis adalah salah satu hal yang memang aku nikmati, mungkin karena aslinya aku memang bawel dan cerewet dengan 1001 topik yang ingin diceritakan yah, jadi membulatkan niat untuk menjalani challenge ini.

Kebetulan bertepatan dengan rencana menggiatkan kembali menulis di pagi hari bersama Akila, jadi kami putuskan untuk mengambil tema jurnal syukur 30 hari sebagai bahan tulisan selama 30 hari ke depan. Aku share di sini sekalian ya, siapa tau aja ada yang mau ikutan juga. Saling membacakan isi jurnal dengan anak itu sungguh menyenangkan dan inspiring. Sering kaget dengan proses berpikir yang hebat dalam tubuhnya yang kecil itu.

Bisa menulis dengan mengambil tema secara Β berurutan atau bisa acak bebas aja. Bahkan semisal ga full 30 hari pun ga masalah. Ada sesuatu yang istimewa yang sering terjadi dalam diri kita ketika kita duduk merenungkan hal baik dalam hidup kita. Bahkan tanpa perlu sampai 30 hari pun tentunya kita tetap akan mendapat efek positifnya.

Poin-poin tema tulisan terinspirasi dan dirangkum dari beberapa posting di pinterest.

Tantangan 30 Hari Jurnal Syukur

1. Tentang tubuh

2. Pakaian yang membuatmu merasa nyaman

3. Sebuah kenangan lucu yang selalu bisa bikin tertawa

4. Sebuah pencapaian diri

5. Teknologi modern apa yang paling kamu syukuri

6. Aroma yang kamu sukai dan membuat bahagia

7. Kebaikan seseorang yang membuat hatimu hangat

8. Carilah sebuah foto di gallery gawaimu, kenapa memilih foto itu dan apa yang kamu syukuri dari foto tersebut?

9. Sesuatu yang kamu sukai dari tempat tinggalmu

10. Seseorang di keluargamu

11. Bagaimana cara kamu tetap bersyukur dalam situasi yang berat/sulit

12. Sebuah skill baru yang sebelumnya tidak dimiliki tahun lalu

13. Tentang sahabat

14. Sesuatu yang sedang dinantikan

15. Sebuah pelajaran hidup dari pandemi

16. Seseorang yang menjadi panutanmu

17. Sebuah karakter pada dirimu (personality trait) yang kamu sukai/syukuri

18. Sebuah benda yang kamu pakai setiap hari yang memudahkan hidupmu

19. Sesuatu yang kamu syukuri dari pekerjaanmu

20. Sebuah tantangan yang kamu syukuri pernah kamu ambil

21. Pengalaman hidup yang menguatkanmu

22. Bagaimana cara dan hal apa yang kamu lakukan untuk membantu orang lain

23. Tempat yang pernah dikunjungi dan sangat berkesan

24. Apa hal terbaik yang terjadi minggu ini?

25. Sesuatu tentang alam yang kamu syukuri

26. Sebuah hadiah/kado yang pernah diterima

27. Kenangan Hari Raya yang paling berkesan

28. Sebuah tradisi di keluargamu yang kamu sukai/syukuri

29. Topik yang kamu sangat sukai (passionate about)

30. Tantangan/kesulitan yang pernah dihadapi yang kamu syukuri

Yuk, mari kita coba!

innocentiaine
@innocentiaine   4 months ago
Waah duo ini ya.. pantes membaca topik yang sama dari Akila πŸ˜ƒ idenya mantap..πŸ‘πŸΌ
Lei
@lei   4 months ago
Hihi iyaa Kak, biar saling semangatin. Kl ga gini kwatir ntar cuma 2 hari trs bubar hahaha..
aileenlais
@aileenlais   3 months ago
Ide yang bagus Lei... πŸ‘πŸ₯° Nanti kubilangin chia. Dia mau ga yah ikutan. Hihi... Tp minggu depan udah keburu review lg, keliatannya bakalan harus ditunda sampai selesai review nih. πŸ™ˆ Hihi..
Lei
@lei   3 months ago
ahaha iya ini juga Akila ketunda2, lagi seru banget baca Harry Potter jd ga konsen nulis jurnal dan nerusin cerita si Boba. Semoga Chia mau ya, trs mereka saling baca kynya seru! πŸ˜„
Andy Sutioso
@kak-andy   2 months ago
Masih menantikan nih posting berikutnya untuk hadir di sini... πŸ™