AES#25 Meditasi
Natasha Setyamukti
Monday August 2 2021, 8:33 AM
AES#25 Meditasi

Kemarin aku menonton sebuah video mengenai meditasi. Video ini membahas mengenai meditasi yang bisa kita lakukan dimanapun dan dalam waktu yang singkat, hanya 2-3 detik saja. Dimana mungkin kita membayangkan meditasi akan memakan waktu yang sangat lama,membosankan. Ternyata disini dia menjelaskan bahwa meditasi itu tidak perlu dilakukan terlalu lama.

Banyak orang juga mungkin berpikir meditasi berarti tidak boleh memikirkan apapun hanya prlu berkonsentrasi pada satu hal,padahal kenyataannya tidak begitu dan itu terlalu sulit untuk dilakukan. Kita tidak bisa menghentikan emosi ataupun pemikiran kita, kita memerlukan kedua hal itu. Otak kita akan terus bekerja menghasilkan banyak pemikiran baru, namun bagaimana kita bereaksi terhadap pemikiran itu.

Dan melalui meditasi, kita bisa mencoba mengalihkan pemikiran kita, memberi 'pekerjaan' lain untuk otak kita. Yaitu dengan memperhatikan nafas kita, jadi fokus otak kita ada pada pernafasan, bukan lagi pemikiran atau opini lain. Menurut beliau, kalaupun ada hal lain disekitar kita, selama kita fokus pada pernafasan, semuanya akan baik-baik saja dan hal itu tidak akan memakan banyak konsentrasi, seperti yang dipikirkan oleh orang lain.

Just simply be aware of the breath..

You May Also Like