AES#45 Organisasi
Natasha Setyamukti
Sunday August 15 2021, 12:20 PM
AES#45 Organisasi

Berorganisasi banyak membantuku berkembang. Lewat organisasi, aku bertemu dengan teman baru, membuka banyak ruang diskusi baru dengan teman diskusi yang beragam dan pastinya menambah banyak pengalamanku mulai dari berkomunikasi, menulis, membuat konten sampai melaksanakan sebuah proyek secara online.

Mengikuti sebuah organisasi sebetulnya bukan hal yang memang aku rencanakan. Awalnya karena pandemi ini aku mengikuti banyak webinar dan kegiatan online, dan sebetulnya tidak terpikir di awal kalau aku akan mengikuti sebuah organisasi dan membuat acar yang sama seperti yang aku ikuti dulu. Namun karena banyaknya kegiatan online yang aku ikuti, akhirnya muncul sedikit demi sedikit pikiran apa sih yang perlu mereka rencanakan untuk membuat kegiatan ini? Aku melihat banyak organisasi yang membuat konten keren, dan ternyata divisi atau orang yang bekerja dibalik layar untuk sebuah konten yang mungkin hanya sekedar konten biasa (IG story atau IG feeds), itu banyak banget.

Mulai dari situ, akhirnya aku mulai iseng cari info organisasi-organisasi yang sedang open recruitment. Dan ternyata banyaaak. Disitu awalnya aku mencoba di satu organisasi dan ternyata suka dan cocok cara kerjanya. Cara kerja si organisasi sebetulnay tidak jauh beda dengan yang aku lakukan di KPB. Kita membuat proyek, merencanakan sesuatu dan membagi tugas untuk akhirnya menghasilkan suatu proyek entah itu tulisan, acara dan lain sebagainya. Tapi bedanya kalau di organisasi, ada divisi khususnya jadi kemungkinan untuk kita mencoba divisi yang lain sangat kecil. Misalnya kita daftar di divisi content writer, nah kemungkinan kita untuk mencoba menjadi moderator itu kecil banget. Sedangkan di KPB kan kita bisa mencoba banyak hal, bisa mengeksplor banyak bidang juga dalam suatu proyek.

Dari organisasi yang aku ikuti ini, akhirnya merembet ke banyak organisasi dan kegiatan lain. Aku mulai ikut organisasi-organisasi yang mungkin bahasannya sedikit asing dan kurang aku minati awalnya, seperti mengenai kesetaraan gender, youthpreneurship dan lain sebagainya. Divisi yang aku ikuti juga jadi beragam yang awalnya hanya menjadi content writer, karena aku suka menulis, sekarang aku menjadi bagian di banyak divisi, seperti content creator, project team dan creative project. DIsana aku jadi bisa eksplor banyak hal, yang akhirnya membuatku menyadari suatu hal.

Semua yang aku lakukan walaupun terlihat jauh-jauhan tapi bisa saling melengkapi. Kegiatanku di KPB melengkapi kegiatanku diluar sekolah begitu juga dengan kegiatan luar sekolahku yang membantu menggenapi pembelajaran ku di dalam sekolah. Aku jadi punya banyak referensi dan pastinya relasi yang lebih luas.

Namun apakah orang yang tidak mengikuti organisasi tidak berkembang? Ya tentu tidak. Setiap orang memiliki keunikan dan cara berkembangnya masing-masing, mungkin masuk ke organisasi tidak membantu kalian berkembang karena itu memang bukan ruang yang kalian sukai dan minati. Berkembang bisa dari banyak hal, misalnya mendalami minat, berdiskusi dengan teman yang sudah dikenal sebelumnya, membuat proyek dengan teman dan lain sebagainya.

Ada pepatah banyak jalan menuju Roma, jadi untuk mengembangkan diri itu ada banyak caranya dan tidak terpaku dengan satu cara saja misalnya dengan mengikuti organisasi. Kalau memang kurang cocok, apa salahnya mencoba hal lain? Jangan juga membandingkan diri sendiri dengan orang lain, misalnya teman kalian ada yang aktif organisasi dan kalian mau ikut cuma karena ikut-ikutan atau mau mengikutin trend, karena ga akan ada gunanya dan kalian ga akan dapat menfaatnya.