AES76 insecure
nathania
Friday November 12 2021, 7:15 AM

Siapa sih yang gak pernah insecure? Cara biar PD gimana ya?

Aku pun masih sering insecure, apa lagi kalau melihat teman ku yang jauh lebih oke dari diriku. Tentu saja aku tidak mau kalah, jadi aku berusaha lepas dari insecure ku dan coba untuk berkembang menjadi lebih baik.

Tapi aku sendiri masih bingung ap aitu arti insecure. Menurut Asta (2019), insecure atau insecurity adalah Tindakan dari adanya emosi apabila kita menilai diri kuta menjadi seorang infrerior dari orang lain. Kalau pendapat ku insecure dapat diartikan dengan perasaan yang tidak aman, perasaan ingin menjauhi suatu hal, malu, bersalah, takut berinteraksi dengan orang lain, dan tidak percaya diri. Mungkin pula dirasakan oleh setiap orang.

Nah, kadang kala aku tidak tahu kapan aku insecure, jadi aku cari tahu tanda-tanda insecure…

  1. Tidak ingin keluar dari zona nyaman

Banyak orang yang tidak ingin keluar dari zona nyaman biasanya diakibatkan oleh pengalaman di masa lalu yang tidak mengenakan seperti dikecewakan, dikhianati, dan perasaan buruk lainnya. Biasanya menghambat diri untuk berkembang.

  1. Gemar membandingkan diri dengan orang lain

Setiap orang pun mungkin memiliki proses berkembang yang berbeda-beda juga. Membandingkan sesuatu dengan orang lain dan menghambat diri untuk berkembang maka inilah tanda yang harus secepatnya ditinggalkan.

  1. Memandang rendah diri sendiri

Hal ini wajar terjadi pada setiap manusia bisa disebabkan mungkin karena pengalaman masa lalu yang buruk sehingga menjadikan seseorang tidak merasa pede atau percaya diri. Jika berada di fase ini coba untuk lebih mengenal diri sendiri.

  1. Harus dapat pujian dan pengakuan dari orang lain

Orang yang insecure cenderung jadi minder terhadap diri, sehingga perlu mendapatkan pujian dan pengakuan dari orang lain. Contoh yang mungkin sering ditemui yaitu selalu memperhatikan jumlah likes dan followers di media sosial, mereka akan sangat perlu jumlah tersebut untuk bisa lebih meningkatkan rasa percaya dirinya, itu merupakan salah satu tanda dari insecure dalam diri.

  1. Menghindari interaksi dengan lingkungan sekitar

Saat sedang merasa insecure seseorang cenderung untuk menghindari berinteraksi dengan seseorang terlebih interaksi di dalamnya berisi tentang berbagai pencapaian, prestasi yang teman-temanmu bicarakan.

You May Also Like