AES28 Don't Leave Anything but Footprint
reginamirdan
Tuesday September 7 2021, 6:41 PM
AES28 Don't Leave Anything but Footprint

Aturan dasar kedua setelah jangan mengambil apapun selain foto adalah jangan meninggalkan apapun selain jejak kaki.

Banyak prasangka diluar sana yang selalu menganggap kami para pecinta alam selalu meninggalkan sampah ditempat kami berada, menurutku tidak adil kalau semua disalahkan hanya karna kelakuan beberapa oknum saja. Membawa sampah kami kembali adalah salah satu hal yang wajib kami lakukan, maka dari itu saat mendaki gunung biasanya saat naik dan turun beban carrier kami tidak akan berkurang karna makanan yang sudah dimakan dan dimasak akan digantikan dengan sampah-sampah yang kami hasilkan.

Di beberapa gunung biasanya mereka akan mendata apa saja yang kita bawa dan pada saat turun dan kembali ke basecamp mereka akan menanyakan sampah kami dan mengecek seluruh barang yang kita bawa. Sangat disayangkan sekali memang beberapa orang tidak memiliki etika ini, seperti saat mereka menyalakan api unggun mereka akan meninggalkan bekas api unggun yang dikelilingi oleh sampah mereka, dan bahkan beberapa meninggakan api unggun dalam keadaan menyala. Hal ini sangat berbahaya tentunya, saat musim kemarau api atau bara dari api unggun yang kita tinggalkan bisa terbawa angin dan bila suhu sedang ekstrim maka bisa terjadi kebakaran hutan. Hal kecil yang kau tinggalkan bisa jadi masalah yang amat besar bila dipandang dari sudut pandang ini.

Bukan hanya sampah atau bekas api unggun, tapi juga tulisan-tulisan yang entah siapa dan dengan tujuan apa mereka menulisnya. Vandalisme di negri kita ini memang mungkin menjadi budaya atau apa, aku tak pernah paham maksud orang-orang menuliskan nama-nama mereka di tempat-tempat yang tidak seharusnya.

Menjaga alam tetap bersih dan rapih adalah salah satu prosedur yang harus dilakukan saat kita melakukan kegiatan alam bebas. Bawa kembali lagi sampahmu! Gunung bukanlah tempat sampahmu, bila kau merasa berat untuk membawa sampahmu kembali lebih baik dari awal kau tidak membawa sampah itu atau jangan naik gunung saja!!!

You May Also Like