AES04 KEBUTUHAN BERBISNIS
bimoabiyu
Monday August 2 2021, 11:18 AM

Hari ini aku menonton sebuah video yang menjelaskan tentang mental berbisnis dan mental sukses. Yang aku dapatkan adalah jika ingin kuat mentalnya sebagai pebisnis aku harus positif thinking, selalu berpikir kedepan dan positif, kemudian aku harus memikirkan masa depan bukan masa kini. Selain itu kebiasaan menonton membaca dan kebiasaan kecil lainnya secara tidak langsung mempengaruhi mental kita untuk berbisnis. Pebisnis tidak sukses/pedagang hanya menjalankan bisnisnya sendiri

Namun kalau pebisnis kelas kakap aku harus bisa membuat tim untuk bisa memperbesar personal branding yang aku miliki. Buat sistemnya dan komponen tim yang membuat personal branding aku meningkat.

Berbicara soal mindset, fear adalah musuh. Jika kita bisa untuk melawan ketakutan itu dan terus berprogress, aku akan bisa jadi pebisnis kelas kakap.

Kemudian aku menonton video mengenai beberapa kesalahan yang kerap dilakukan oleh pengusaha pemula, yang pertama adalah asal action, banyak orang bilang “yaudah nyebur aja kalo mau bisnis” bener sih nyebur tapi kalau engga paham ilmu dan pengalaman akan kelelep juga yaa. Jadi intinya rencanakan terlebih dahulu rancang baik baik system serta jalan yang akan dilalui untuk bisnis yang aku ingin lakukan.

Yang kedua adalah, ikut-ikutan orang lain. Ini juga sama, orang memiliki pandangannya dan jalannya masing masing. Bisa saja kita terpengaruhi pandangan dia dan ahkirnya kelelep lagi, jadi percayalah dengan diriku sendiri, pimpin bisnis ini dengan percaya diri dan semangat serta sistematis.

Yang ketiga adalah ingin cepat, banyak orang contohnya diminggu pertama dia bisnis makanan, ternyata stuck, di minggu kedua ganti bisnisnya. Itu salah satu contoh pebisnis yang engga akan sukses. Aku harus bisa focus kepada satu hal, kepada personal branding aku dan aku harus bisa membangunnya secara berkala. Nikmati semua prosesnya, karena kegagalan dan keberhasilan akan membuatmu jadi lebih kuat, jadi jangan takut kegagalan, justru kegagalan adalah kunci kesuksesan.

Yang terahkir adalah gampang percaya sama orang. Ditengah jalan nanti pasti ada orang yang ingin berkerjasama denganku, ada orang yang menawari modal tapi engga logic, yaa akan banyak contoh seperti itu dan hal itu bisa jadi jebakan juga pebisnis pemula untuk ketipu dan bangkrut. Jadi mulai sekarang jangan pedulikan seberapa dekat aku sama orang itu tapi aku harus tau maksud dan tujuan bekerja samanya serta data yang akurat, apakah bantuan kerja sama ini menguntungkan bagi personal brand aku atau tidak, jika menguntungkan yaa jalin kerja samanya, tapi kalau engga, batalkan.