AES #01 Misled, Misinformed, Mis...
joefelus
Thursday May 20 2021, 11:42 PM
AES #01 Misled, Misinformed, Mis...

Baca berita jaman sekarang itu harus punya kesabaran tinggi, pikiran terbuka dan selera humor yang mumpuni! Arus informasi jaman sekarang bukan main cepatnya, dan terlihat banyak sekali kalangan yang tidak siap dengan situasi ini sehingga akhirnya menimbulkan kegaduhan, konflik, bahkan berakhir dengan korban jiwa. Nah bagi mereka yang cuma aktif (atau malah pasif?) di depan komputer seperti saya, menyaksikan kondisi ini dengan membaca berita, tidak selalu menyenangkan. Nonton CNN bisa jadi kepengen melempar TV dengan botol aqua! Membaca koran "online" sampai hampir melepar gadget gara-gara gondok! Sekali lagi butuh kesabaran, butuh kepala dingin dan belajar bisa mentertawakan!

Sebetulnya mengapa situasi ini terjadi? karena banyaknya informasi dan kurangnya kemampuan untuk filtering, maka banyak kalangan yang misinformed dan misled lalu akhirnya misunderstood lalu... panjang!contoh yang jelas, kejadian di Capitol Building di Washington DC bulan Januari lalu. Ujung-ujungnya ratusan orang yang percaya akan teori konspirasi dikejar-kejar FBI dan terancam dipenjara berbulan-bulan, tahunan bahkan puluhan tahun! Lebih menyedihkan lagi, kejadian ini mengakibatkan korban jiwa. Anehnya demi kepentingan politik pribadi, ada senator yang berpendapat tidak ada itu yang namanya insurrection of capitol building, nah ini contoh orang yang misleading! Bodohnya, banyak masyarakat yang misled tetap memilih senator ini!!!

Di tanah air juga sedang ramai dengan seseorang yang ditangkap polisi karena membuat video tik tok di media masa yang menghina sebuah negara lain. Ini juga butuh kecerdasan dan pengetahuan yang utuh mengenai konfilk yang sebenarnya terjadi di negara itu. Politik dan agama dicampur aduk, akhirnya polisi turun tangan, yang bagi saya juga aneh, Klausulnya apa? Jadi yang misinformed itu siapa? polisi? masyarakat? duh!

Ada orang yang menulis di twitter mengenai vaksin. Dia sepertinya kelompok anti vaksin. Dia bilang Vaksin tidak dibutuhkan, lihat saja Black Plaque di abad 14 tidak ada vaksin, buktinya pandemi lenyap! Orang ini tidak tahu bahwa 30 hingga 60% penduduk Eropa meninggal pada masa pandemik itu. 75 juta hinga 200 juta orang! Pandemi itu berakhir kemungkinan karena penduduknya habis. Sebuah teori mengatakan pandemi ini berakhhir karena karantina, sampai penduduk di daerah-daerah tertentu habis, sehingga penyebaran berhenti!

Lalu bagaimana menghindari misinformasi? mudah, cari referensi sebanyak-banyaknya, hindari bias konfirmasi dengan berusaha seobjektif mungkin dan berwawasan terbuka. Jangan informasi yang dicari hanya untuk menguatkan pendapat pribadi! Jika hanya untuk menguatkan pendapat pribadi, itu namanya confirmation bias, bias konfirmasi. Pandai-pandai memfilter informasi yang begitu gencar dengan bersikap cerdas.

Saya akhiri ocehan ini dengan hal yang lucu:

Selera humor itu penting! Orang yang menulis tentang caesar salad itu sebetulnya hanya becanda! Kejadiannya memang tidak seperti itu. Caesar salad itu diciptakan di Mexico oleh seorang chef bernama Caesar Cardini, imigran Italia yang memiliki restoran di Tijuana. Saat itu dia kekurangan bahan baku sehingga dia menciptakan sesuatu yang baru dengan menggunakan bahan-bahan yang ada. Dunia harus merasa beruntung, karena chef ini maka kita semua bisa merasakan salad yang gurih yang bahan utamanya romaine lettuce dan croutons. Dressingnya? telur mentah, bawang putih, minyak jaitun, anchovies, jeruk lemon, saus inggris dan keju parmesan! Nah kasian sekali orang yang komen di atas yang melupakan faktor humor, sehingga harus menggunakan kata Id@$t Hahahaha***

inteneka
@inteneka   2 years ago
Halo Pak Joe, tulisan ini telah terpilih untuk dibukukan, mohon ijin tulisan ini diterbitkan di buku 5 Atomic Essay Smipa Pecah Telor [AES001], semoga berkenan. Terima kasih. 🙏🏻
joefelus
@joefelus   2 years ago
Silahkan. Terima kasih 🙂 Saya sudah baca semua, 7 buku yang sudah terbit loh.. keren2 semua 👍👍👍
You May Also Like