AES 758 Summer Solstice
joefelus
Wednesday June 21 2023, 10:39 AM
AES 758 Summer Solstice

Besok adalah hari pertama musim panas di tahun 2023 di belahan Bumi tempat saya tinggal, merupakan siang terpanjang di tahun ini dan malam terpendek. Besok siang hari akan berlangsung selama 15 jam 17 menit. Besok juga disebut dengan summer solstice, yaitu ketika salah satu kutub bumi memiliki kemiringan yang paling maksimal terhadap matahari. Besok di bumi bagian utara akan mengalami siang yang panjang dan mulai menginjak musim panas, sementara Bumi bagian Selatan seperti misalnya Australia, besok akan memasuki musim dingin dan malam akan lebih panjang dari siang.

Musim panas bukan musim favorit saya. Hari begitu panjang dan suhu sangat amat panas ditambah udara di sini sangat kering, sehingga seperti berada di dalam oven. Buat saya yang lebih dari separuh hidup dihabiskan di daerah tropis, musim panas memang bukan hal yang aneh. Jadi tidak heran kalau buat saya Summer adalah hal yang biasa. Beda halnya dengan masyarakat di sini, musim panas identik dengan liburan, bersantai, tidak ada sekolah dan melakukan kegiatan di luar. Bisa dimengerti karena selama musim gugur dan musim dingin serta sebagian musim semi, tanaman kalau tidak mati ya gundul. Nah di awal musim semi, semua orang mulai bercocok tanam. Bibit-bibit tanaman, pupuk dan kompos dijual di banyak tempat dan masyarakat mulai menyiapkan kebun lalu bercocok tanam. Ketika liburan mereka menghabiskan banyak waktu di luar rumah. 

Bagaimana dengan pekerjaan saya? Musim panas memang jauh lebih santai karena kampus sangat minim kegiatan perkuliahan. Kampus ramai dengan summer camp seperti kegiatan olahraga, pelatihan-pelatihan dan konferensi. Karena santai, saya bisa pergi bekerja dengan mengenakan jeans. Beban kerja memang jauh lebih ringan, tapi itu tidak menjadikan saya lebih menyukai musim panas.

Buat saya tidak ada yang aneh dengan musim panas. Pohon-pohon hijau, bunga ada di mana-mana, suara burung begitu ramai dan harum dari bunga dapat saya cium di mana-mana. Ini bisa saya nikmati di daerah tropis yang sudah sangat lama saya diami! Sejak musim Semi, saya mulai menyadari bahwa dunia itu hiruk pikuk. Jika selama musim dingin sangat sunyi, tidak ada suara burung dan tidak ada bunga-bungaan, mungkin itu alasannya mengapa selama musim dingin masyarakat menghias halaman dengan lampu-lampu, karena warna di alam sangat monoton, hanya putih dari salju, hijau dari pohon-pohon cemara yang tidak pernah gundul seperti pohon lainnya, atau coklat dan hitam dari batang-batang pohon dan rumput yang kering. Begitu musim Semi tiba, warna mulai bertebaran, burung-burung kembali hadir dan ramai, bunga-bunga mulai menyebarkan keharuman. 

Yang saya cari adalah pengalaman yang jarang saya jumpai. Nah itu kalimat utama yang menjadi alasan saya menaruh musim panas di barisan paling akhir. Yaitu karena hampir seumur hidup sudah saya alami. Saya menyukai musim-musim lain karena 3 musim lain itu memberikan pemandangan baru, pengalaman baru dan itu semua sangat menarik. Sementara musim panas yang saya rasakan semuanya biasa saja, kecuali suhu panas yang jauh lebih parah daripada pengalaman selama hidup saya hahaha.. Jadi maafkan saya, musim panas, jika saya tidak terlalu menyukaimu. Hahahaha  

Foto credit: visitsouthjersey.com