AES #31 Fun & Unique Facts From Travelling
joefelus
Monday June 21 2021, 9:15 PM
AES #31 Fun & Unique Facts From Travelling

Humuhumunukunukuapua'a

Saya senang melakukan perjalanan ke tempat-tempat baru. Disamping menikmati hal-hal baru yang belum pernah ditemukan, saya juga berusaha mencatat banyak hal sebagai bentuk "pelestarian" keseruan perjalanan yang pernah dilakukan. Salah satu yang sering saya catat adalah hal-hal unik yang saya jumpai. Misalnya beberapa hal yang akan saya ceritakan di bawah ini.

Tahun 2000 saya melakukan perjalanan road trip di sekitar California dan Nevada. Dalam perjalanan dari California ke Nevada ada sebuah tempat namanya sangat tidak biasa, seperti suara orang tidur! ZZYZX. Dulunya nama tempat ini adalah Soda Springs di San Bernardino County yang berbatasan dengan Mojave National Preserve. Yang membuat saya selalu ingat tempat ini adalah pertama karena memang namanya seperti orang tidur, tapi juga ada kejadian yang kebetulan terjadi di tempat itu. Pada saat menuju Nevada jalanan sempat macet beberapa kilometer karena sepertinya ada seseorang yang mengantuk ketika mengemudi sehingga mobilnya masuk parit. Anehnya lagi ketika saya kembali ke California melewati tempat itu beberapa waktu kemudian, juga ada kemacetan lebih panjang. Kali ini ada 2 ambulance dan kecelakaannya lebih parah. Sepertinya mereka harus mengubah nama tempat ini sehingga menghindari orang mengantuk! hahaha..

Oh Ya, selingan. Di Hawaii ada seekor ikan yang terkenal, dianggap sebagai State Fish, paling besar mungkin hanya setelapak tangan. Tapi ikan kecil ini punya nama yang sangat panjang. Humuhumunukunukuapua'a. Dia adalah sejenis ikan batu karang yang cantik. Mau tau seperti apa? Fotonya di atas, Mantap khan?

Beberapa hal lucu juga saya temui ketika sedang mengunjungi San Fransisco. Ada sebuah tempat laundry yang namanya menggelitik dan membuat saya tersenyum tanpa bisa melupakan sesudah bertahun tahun. Nama laundry itu adalah "The Missing Sock" hahahaha... memang ini  kenyataan. saya selalu mengalami kehilangan kaus kaki ketika mencuci, bahkan di rumah. Mesin cuci dan dryer tempat pembuangannya kecil dan tidak mungkin bisa menghanyutkan kaos kaki, tapi saya punya 1 kotak kaus kaki yang kehilangan pasangannya! Aneh dan jumlahnya semakin bertambah, bukannya berkurang!

Ada sebuah tempat bermain terbuka di dekat state Capitol di San Fransisco. Di sana ada tempat perosotan, jungkat jungkit, ayunan dan tepat anak-anak bergelantungan (Monkey Bars). Tidak ada yang aneh, malah seperti tempat-tempat bermain anak-anak yang tersebar di mana mana dengan warna warni yang menarik. Satu hal yang menarik perhatian saya adalah pengumuman di sekitar pintu masuk, "No Adult Allowed Unless Accompanied by Children!" Hahaha...

Pada waktu yang sama saya juga mampir ke Sequioa National park, California. Di sana ada pohon terbesar di dunia yang diberi nama General Sherman. Batang pohon itu volumenya 1487 meter kubik (hanya batangnya, cabang-cabang tidak dihitung, loh!), berumur sekitar 2000 tahun dengan ketinggian sekitar 83 meter. Dalam perjalanan ke taman nasional itu kami melewati terowongan. Sebetulnya itu adalah pohon sequioa yang tumbang tetapi karena terlalu besar, tidak ada satu alat pun di dunia yang mampu memindahkannya, sehingga oleh pemerintah batang pohonnya dilubangi menjadi terowongan agar semua kendaraan dapat lewat. Bayangkan berapa besar pohon yang tumbang itu? tapi tetap masih kalah dibandingkan dengan General Sherman yang memiliki keliling 31.3 meter!

 

General Sherman

Ada 2 tempat yang saya kunjungi tapi membuat sedih. Yang pertama adalah Pearl Harbour Memorial. Di sana masih ada ribuan prajurit yang gugur karena diserang Jepang dan hingga kini masih ada di dalam kapal-kapal yang tenggelam. Sesekali cerobong asap kapal-kapal itu masih mengeluarkan minyak. Di tempat itu para pengunjung dianjurkan untuk hening. Kedua adalah Holocaust museum di Washington DC. Saya dua kali mengunjungi tempat itu dan selalu mengalami hal yang sama melihat barang-barang peninggalan korban genocide Nazi, terutama di bagian anak-anak. Sangat mencekam dan membuat bulu kuduk berdiri. Fakta sejarah menyebutkan 6 juta orang menjadi korban kekejian Nazi.

Hanya 1 tempat wisata yang pemandunya boleh memaki-maki. Yaitu di Hover Dam! Ketika saya ke sana pemandunya selalu bilang,"Welcome to Damn tour!" Dan sambutan turis luar biasa walau terus-terusan pakai kata kasar hahaha

Saya belum pernah ke sini tapi sayang kalau dilupakan. Ini nama stasion kereta dengan nama terpanjang di dunia. Terletak dekat Wales, UK, namanya:  "Llanfair­pwllgwyngyll­gogery­chwyrn­drobwll­llan­tysilio­gogo­goch" yang artinya," The church of St. Mary in the hollow of white hazel trees near the rapid whirlpool by St. Tysilio’s of the red cave,” hehehe***

 

You May Also Like