AES 819 Terlewat
joefelus
Monday August 21 2023, 5:46 AM
AES 819 Terlewat

Ada satu tugas yang sering saya lalai setiap hari. Yaitu meng-update daftar esai yang sudah saya tulis di google sheets. Saya hanya melakukannya sesekali dalam beberapa waktu ketika saya ingat. Seperti misalnya hari ini saya baru sadar bahwa sudah lama tidak melakukannya. Lalu saya lihat ada sebuah tulisan dari salah seorang Kakak di Smipa yang 2 hari lebih dahulu dari saya. Saya agak bingung karena sepertinya selama ini saya tidak pernah terlewat sama sekali, setidak-tidaknya selama 2 tahun terakhir. Jadi saya mulai menelusuri dimana kesalahan saya.

Akhirnya saya lihat bahwa tanggal saya menulis tidak sama dengan tanggal di Google sheets. Ada apa ini? Saya ikuti satu persatu hingga bulan Januari. Entah karena apa, tidak ada tulisan saya untuk tanggal 1 Februari, padahal saya yakin sekali bahwa selama ini tidak pernah ada hari yang kosong, sementara itu karena semua tulisan saya itu juga diunggah di tempat blog pribadi, saya juga bisa lihat di sana. Di tempat itu tercantum ada 2 untuk tanggal 31 Januari, tidak ada tulisan untuk tanggal 30 dan juga tidak ada tulisan untuk tanggal 1. Jadi saya tampaknya terlewat 1 tulisan. Mungkin pada waktu itu saya menulis untuk tanggal 30 dan 31, lalu merasa sudah menulis 2 esai saya tidak menulis pada tanggal 1 Februari. Saya tidak tahu, yang saya ingat saat itu sedang menghadapi masalah dengan kendaraan dan berusaha menulis di bengkel. 

Satu hal lagi yang selalu membuat saya kebingungan adalah perbedaan waktu. Di tempat saya menulis blog pribadi, seringkali ada sedikit kekacauan yang sampai saat ini, walau sudah lebih dari 7 tahun saya menulis, tetap membuat saya bingung. Saya menulis kemudian mengunggah tulisan itu, lalu tanggal nya berbeda. Sementara jika saya tulis di AES, biasanya tanggal dan waktunya jauh lebih sesuai. Mungkin itu yang mengakibatkan di tempat blog pribadi ada 2 tulisan bertanggal 31 walau saya tulis di hari yang berbeda. Ya sudah. Itu semua mungkin kesalahan yang tidak benar-benar saya sadari hingga hari ini. Google Sheets sudah saya perbaiki, dan dengan berat hati dan rasa sesal tanggal 1 February saya biarkan kosong.

You May Also Like