AES 117 Berhenti
leoamurist
Wednesday September 22 2021, 3:00 AM
AES 117 Berhenti

Banyak pendiri teknologi yang berhenti menggunakan teknologi temuannya. Seakan ini menjadi motivasi untuk banyak orang untuk berhenti menggunakan teknologi. Sepertinya ini sedikit meleset dari maksud awalnya deh. Memang ini memotivasi soal teknologi, dengan penekanan pada kebijaksanaan menggunakan teknologi. Bukan pada berhenti menggunakannya.

Memang, kebijaksanaan menggunakan teknologi termasuk di dalamnya berhenti menggunakan teknologi. Bukan sebaliknya yang berhenti menggunakan teknologi membuat kita jadi bijak berteknologi, ini sih sesat pikir. Udah sesat ngajak-ngajak, makin bahaya. Yang tadinya mau jadi bebas malah jadi ketergantungan.

Maksudnya, teknologi adalah alat yang dipergunakan untuk mencapai pengendalian diri penuh sehingga mampu menjadi manusia yang bebas. Seperti para penemu teknologi itu, mereka berhenti karena dari penemuan dan penggunaannya selama ini mereka sudah mencapai kestabilan hidup. Waktu, kesehatan, dan fokus perhatian.

Ketiga nilai kebebasan sebagai manusia itu telah terpenuhi dengan baik. Baik artinya cukup. Tidak lebih, tidak kurang. Kalau lebih, kita membutuhkan teknologi untuk mengurangi. Kalau kurang, kita membutuhkan teknologi untuk menambah. Kalau sudah pas, kita tidak butuh lagi teknologi.

Kalau tidak tepat seperti itu, misalnya berhenti menggunakan teknologi padahal kepenuhan diri belum terisi dengan pas karena masih kurang atau kelebihan. Bukankah jadi beban dan hambatan bagi lingkungan dimana teknologi adalah bagian dari kehidupan. Sehingga, hidup pun jadi tergantung pada pemakluman atau belas kasihan realita kehidupan.

Iya, solusinya adalah pindah ke lingkungan yang bebas dari teknologi atau membuat lingkungan seperti itu saja. Ya sepakat, ini bisa jadi solusi. Yang dalam pelaksanaannya semakin mengafirmasi pesan dari tulisan ini, karena untuk pindah atau membuat lingkungan yang bebasr dari teknologi itu pun membutuhkan teknologi dalam prosesnya.

Saat sudah tercapai dengan pas, teknologinya sudah tidak diperlukan lagi. Bisa deh berhenti menggunakan teknologi. Demikianlah kebijaksanaan teknologi mencakup tidak hanya berhenti menggunakan teknologi, malah juga mencakup melanjutkan menggunakan teknologi. Pada batasan cukup. Pas. Tidak kurang. Tidak lebih.