AES 144 Space: The Final Frontier
joefelus
Thursday October 14 2021, 3:46 AM
AES 144 Space: The Final Frontier

Space, the final frontier. These are the voyages of the starship...Ini kalimat yang sangat saya hapal. Ya, dari film seri TV Star Trek yang sampai sekarang sudah muncul banyak versi, film seri TV, film Cartoon, film di layar lebar dan sebagainya. Merupakan serial film yang sangat saya gemari.

Sebetulnya sebelumnya sih biasa saja, sejak masih kecil saya sering nonton di televisi, baru kemudian ketika saya mulai menggemari foto novel, nah sejak itu saya mulai kepincut Star Trek. Semua film mulai saya koleksi, terutama mulai sejak The Next Generation dengan kapten Picard lalu semakin menjadi-jadi ketika muncul seri baru Voyager. Semua film versi layar lebar saya koleksi dari mulai Laser Disks nya, hingga sekarang dalam bentuk file mkv. Belum termasuk poster, buku, dan hunting foto serta tanda tangan di konvensi-konvensi yang saya hadiri.

Yang menarik dari film-film ini adalah sebetulnya menjual mimpi! Mimpi di mana masyarakat sudah tidak terikat lagi dengan misalnya, uang,  masyarakat di tahun 2265 yang kemudian mulai menggunakan stardate 1312 lebih mementingkan kualitas hidup dibandingkan dengan materi. Terdengarnya sangat bukan main! Memang masih ada sekelompok orang seperti misalnya Ferengi yang masih berusaha mengumpulkan Gold Pressed Latinum  dan seringkali secara licik mereka mencari profit, keuntungan. Buat saya ferengi adalah seperti komedi, dengan telinganya yang sangat besar, muka sangat jelek dan gigi tajam-tajam hahaha.. Mereka lucu! 

Namanya juga film science fiction, berkembang dari mulai tahun 1966. Pada saat itu kelihatan filmnya sangat keren dengan anjungan pesawat luar angkasa yang penuh lampu berkelap kelip, dengan transporter yang bisa mengubah jasad manusia maupun benda menjadi sekecil atom atau entah energy entah apa, lalu dipindahkan ke lokasi lain. Jaman saya kecil cukup membuat saya melongo! Hebat! Tapi dengan perkembangan teknologi, film yang dibintangi William Shatner, almarhum Leonard Nimoy dan lain-lain menjadi terlihat kuno. Ya namanya juga film.  Tapi yang keren alat komunikasi yang di reka-reka tahun 1966 menjadi kenyataan di sekitar tahun 1973 walau bentuknya sangat besar dan beratnya hingga 2kg, bisa buat mentung maling hingga semaput! saya sendiri menggunakan telepon selular di awal tahun 1990, dan pada saat itu Motorolla membuat sebuah handphone yang mirip communicatornya Star Trek, namanya Star Tac (kalau tidak salah) Jadi sebetulnya film Star Trek memang menginspirasi manusia tentang ide teknologi di masa depan. Bahkan katanya Sebuah organisasi riset di Eropa (CERN) sudah mampu melakukan eskperimen kecepatan Warp Speed walau hanya sepersekian detik saja. Jadi ide dari Star Trek ini ternyata merupakan sesuatu yang mungkin!

Tadi pagi sebelum berangkat kerja, saya lihat di berita TV bahwa William Shatner, pemeran kapten Kirk di Star Trek original series, berangkat ke luar angkasa! Dia menjadi orang tertua yang terbang ke luar angkasa karena saat ini dia berusia 90 tahun. Perjalanan itu hanya memakan waktu sekitar 10 menit dengan menggunakan roket Blue Origin yang dimiliki oleh boss Amazon, Jeff  Bezos. Jadi kapten Kirk akhirnya mengunjungi space, the final frontier, walaupun hanya sekejap dan hanya sedikit di luar bumi, bukan misi 5 tahun ke tempat dimana belum ada seeorangpun yang pernah pergi, seperti yang di opening credit film kegemaran saya ini: Space; the final frontier. This are the voyages of the starship Enterprise. It's five year mission: to explore strange new worlds. To seek out new  life and new Civilizations. To Boldly go where no man has gone before! Selamat untuk William Shatner! Ada yang berminat? katanya sebuah kursi di roket itu pernah dilelang dan untuk menang lelang harus merogoh 28 juta Dollar! Nah hitung sendiri berapa rupiah itu! Hahahaha.

You May Also Like