AES21 Momen Berkumpul
novitadm13
Thursday April 27 2023, 11:25 PM
AES21 Momen Berkumpul

Setelah 2 kali lebaran hanya berkumpul dengan keluarga inti, di tahun ini kami berkumpul kembali dengan seluruh keluarga besar. Rasanya senang, tapi di satu sisi sering kali membuat diri ini jadi overthinking. Kalau ketemu sama Uwa, Bibi, Om, dan sanak saudara jauh lainnya akan seperti apa ya. Terakhir kali bertemu sering kali menanyakan hal-hal yang kurang mengenakan. Niatnya mungkin menyapa tapi kadang malah jadi bikin sedih.

Selama momen lebaran biasa disebut juga 'Waktu Indonesia bertanya 'Kapan?' thinking

Sering jadi candaan, 'Kapan nikah?' 'Kapan punya anak?' 'Kapan lulus?' 'Kapan langsing?' dan sebagainya. Sebenarnya kalau di saya pribadi, lebih beragam pertanyaannya. Mulanya setelah bermaaf-maafkan kemudian bertanya ‘Sekarang udah jadi PNS belum?’, ‘Anaknya baru satu? Kapan nambah anak? Kasian loh kalo anaknya cuma satu.’ ‘Kok sekarang jadi jerawatan? Ga perawatan ya?’ ‘Aduh, jadi gendutan. Jaga makannya atuh jangan sembarangan makan.’ 'Ih, anaknya kecil (kurus) banget. Ga dikasih makan? Udah ke dokter gizi belum?' dan masih banyak kalimat-kalimat lain yang terucap dari mereka. 

Ya, saya mah orangnya gampang kepikiran dan suka jadi minder. Alhamdulillah, saat berkumpul dengan keluarga besar saya sudah menyiapkan diri dan mental untuk menghadapinya dengan senyum. Meski ya pasti kepikiran tapi setidaknya tidak sampai mengganggu. Sebenarnya kalau dipikir kembali, mereka bertanya seperti itu karena tidak tahu. Tidak paham apa yang sudah menjadi pilihan hidup kita atau yang sudah kita upayakan. Semakin kita menjelaskan panjang lebar, semakin mereka tidak akan mengerti. Jadi, percuma kan? Lebih baik kita simpan energi untuk memikirkan hal-hal yang akan kita hadapi di kemudian hari. Yang pasti saya percaya bahwa mereka tidak ada niatan untuk membuat orang lain sedih, merendahkan, atau menyakiti hati.

Lalu saya diingatkan oleh sebuah tulisan di akun instagram thegangoffur, 'Yang bicara jaga lisan. Yang denger jangan baper.' Benar saja, sedikit reminder itu mengena langsung ke hati. Semoga Tuhan senantiasa jaga niat kita, lisan kita, dan hati kita di setiap momen. 

You May Also Like